02 Juli, 2008

Tentang Purwakarta

Kabupaten Purwakarta memiliki kedudukan yang sangat strategis, karena berada pada jalur perlintasan antara Jakarta-Bandung-Cirebon. Dengan batas administrasi, bagian Barat dan sebagian wilayah Utara berbatasan dengan Kab Karawang. Bagian Utara dan sebagian wilayah Timur berbatasan dengan kabupaten Subang, Bagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Bagian Barat Daya berbatasan dengan Kab. Cianjur, dengan luas wilayah 97.172 ha atau 971,72 km2.

Posisi geografis ini mendorong Purwakarta potensial dalam pengembangan sektor industri dan perdagangan/jasa serta pemukiman, di samping sektor-sektor lainnya. Hal ini, ditunjang pula adanya jalan tol Jakarta - Cikampek yang berujung di wilayah Purwakarta.

Kemudian Jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) yang saat ini sudah selesai pembangunannya. Mengingat kedudukannya itu, Purwakarta telah menarik minat investor untuk menanamkan modalnya. Untuk itu, di Kabupaten Purwakarta telah ditetapkan kawasan industri seluas 2000 ha dan zona industri seluas 3000 ha serta kawasan pariwisata Jatiluhur Lihat Kawasan Wisata Jatiluhur.

Dengan demikian, Purwakarta ke depan, mempunyai prospek yang sangat cerah dengan berbagai potensi daerah yang terus dikembangkan.

Sikawasan Purwakarta bagian selatan (Plered) banyak terdapat kerajinan tangan berupa keramik. Disini anda dapat berbelanja berbagai keramik yang unik dan murah. Purwakarta terkenal juga dengan Situ Bueleud-nya yang boleh dikatakan sebagai miniatur dari bentuk bangunan pelimpas (morning glory) bendungan serbaguna Ir. H. Djuanda.Dikawasan Situ inilah kebanyakan warga Purwakarta melakukan Joging (lari) mengitari situ katera di sini disediakan track buat lari.Biasanya di hari Minggu pagi kawasan ini penuh dengan warga yang melakukan joging.

Inilah sekilas tentang Purwakarta. Bila anda ingin berkunjung kesini anda dapat mengikuti rute yang sangat mudah.

Dari Jakarta keluar Gerbang Tol Sadang,kemudian ikuti rambu lalu lintas arah Purwakarta kota.

Tidak ada komentar: